Beranda | Artikel
Indahnya Bersholawat Sesuai Sunnah
Jumat, 14 September 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Indahnya Bersholawat Sesuai Sunnah adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang  disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. langsung dari Masjid Al-Barkah, Kompleks Rodja, Jl. Pahlawan, belakang Polsek Cileungsi, Kampung Tengah RT 03 / RW 03, Cileungsi, Bogor. Pada sabtu, 27 Dzul Hijjah 1439 H / 08 September 2018 M.

Kajian Tentang Indahnya Bersholawat Sesuai Sunnah

Tema ini diangkat karena bershalawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah ibadah yang diperintahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Bahkan ibadah tersebut dilakukan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan juga para malaikatnya. Tentu ini menunjukan agungnya ibadah tersebut.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ﴿٥٦﴾

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Azab[33]: 56)

Didalam ayat ini perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk orang-orang beriman untuk bershalawat atas Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah penyebab utama dan paling utama kenapa kita membahas tema ini.

Sebab selanjutnya adalah saking besar dan tingginya pahala yang dijanjikan dari ibadah bershalawat atas Nabi Muhmmamad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diantara hadits yang menunjukkan tentang agungnya ibadah ini adalah diantaranya sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim, no. 408)

Maksud dari Allah bershalawat adalah Allah memuji hamba tersebut dihadapan para malaikatNya.

Sebab yang ketiga adalah banyak tersebarnya penyimpangan-penyimpangan seputar ibadah shalawat. Baik itu tatacaranya, jumlah bilangannya, lafadz-lafadznya ataupun keutamaan-keutamaan yang tersebar. Maka kita perlu memperingatkan kaum muslimin agar senantiasa benar-benar mengikuti contoh dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga ibadah itu diterima dan diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Makna Bershalawat

Bershalawat secara bahasa berarti do’a. Adapun arti bershalawat atas Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam secara istilah syariat, dijelaskan oleh seorang Tabi’in Abu al-Aliyah berkata bahwa maksud dari Allah bershalawat atas Nabi adalah pujian Allah dihadapan para malaikatNya. Sedangkan maksud para malaikat atas Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah do’anya para malaikat untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Lalu tafsir untuk “Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi ” dijelaskan oleh Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhu bahwa maksudnya adalah do’akanlah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam agar mendapatkan berkah.

Disini jawaban atas syubhat yang disebarkan oleh orang-orang orientalis dan juga kaum misionaris yang mengatakan, “Untuk apa mengikuti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam? dia saja meminta dido’akan agar diampuni” Maka jawabannya, yang dimaksud dengan bershalawat atas Nabi adalah berdo’a agar Nabi terus mendapatkan berkah setelah beliau diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Hukum Bershalawat

Hukum bershalawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah wajib walau hanya satu kali seumur hidup. Artinya, siapa yang tidak pernah bershalawat selama hidupnya dia akan berdosa dan diancam siksa. Dalilnya adalah Al-Azab[33]: 56.

Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Simak dan Download mp3 Kajian Tentang Indahnya Bersholawat Sesuai Sunnah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44659-indahnya-bersholawat-sesuai-sunnah/